30 Koperasi Jalani Bimtek Laporan Keuangan, Cash Flow Sehat, RAT Tepat Waktu

30 Koperasi Jalani Bimtek Laporan Keuangan, Cash Flow Sehat, RAT Tepat Waktu

Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK (DPKUKM) Kota Cirebon memberikan bimbingan teknis (bimtek) analisa laporan keuangan, terhadap para pengurus koperasi di Kota Cirebon. Khususnya untuk 30 koperasi yang sudah ditunjuk dan diberikan kesempatan untuk mengikuti bimtek ini.

AZIS MUHTAROM, Cirebon

KEGIATAN dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Cirebon selama tiga hari. Dimulai dari Hari Selasa hingga Kamis (17-19/11), dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten dalam bidangnya.

Kepala DPKUKM Kota Cirebon, drh Hj Maharani Dewi menjelaskan, sesuai dengan materi yang diberikan kepada para peserta, diharapkan akan meningkatkan kemampuan pengurus koperasi. Terutama dalam menganalisa cash flow keuangan koperasi, sehingga bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai jadwal dan koperasi semakin berkembang.

“Menganalisa laporan keuangan ini penting karena cash flow yang ada di koperasi menjadi sehat, dan para petugasnya bisa menyusun laporan keuangan dengan baik. Sehingga eksistensi koperasi semakin berkembang,” ujar Maharani.

Dia menerangkan, kegiatan bimtek ini sangat perlu dilaksanakan. Karena banyak pengurus koperasi yang masih terkendala oleh penyusunan laporan keuangan yang benar, sehingga berdampak pada mundurnya jadwal RAT.

Sehingga, ke depanya para pemateri juga sudah menyiapkan aplikasi penyusunan laporan keuangan. Kemudian, aplikasi tersebut akan disosialisasikan kepada seluruh koperasi yang ada di Kota Cirebon, agar memudahkan penyusunan laporan keuangan.

“Kita selalu memperhatikan koperasi yang belum melakukan RAT. Untuk kemudian kita dampingi kesulitannya apa dan akan dicari solusinya, seperti pengguna aplikasi ini,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, ada support maksimal dari beberapa pihak terkait, agar dalam menyosialisasikan aplikasi ini nanti, bisa berjalan lancar, dan kedepan, koperasi di Kota Cirebon bisa lebih baik, dan lebih maju.

Kabid Koperasi dan UKM, Saefudin Jupri menambahkan, sisi lain dari bimtek ini adalah meningkatkan wawasan dan kompetensi ketatakelolaan bagi pengurus dan pengelola usaha koperasi. Dengan prinsip-prinsip akuntansi. Sehingga keuangan koperasi berjalan tertib dengan sistem akuntansi keuangan (SAK).

“Laporan Keuangan yang baik akan meningkatkan kepercayaan anggota dan pihak luar. Khususnya dalam manajemen keuangan dan akuntansi sehingga dapat mendukung penerapan manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel,\" tuntasnya. (*/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=RbwDrCAEeTo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: